Industry logistik diramalkan akan menjadi industri yang akan sangat maju dalam 5 sampai 10 tahun kedepan. Didukung dengan industry e-commerce yang semakin hari semakin maju, hal itu diiringi dengan kemajuan di bidang logistik. Semua orang pasti sudah tidak asing dengan kata logistik. Namun, apakah kamu tahu arti logistik?

Nah, kali ini kamu ga perlu bingung lagi karena sekarang kita akan kasih tau kalian pengertian, tujuan, dan manfaat dari logistik. 

Istilah logistik sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Logos yang berarti “rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, orasi”. Pengertian logistik secara umum adalah suatu ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan dan penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu.

Secara umum pengertian logistik adalah suatu ilmu pengetahuan atau seni dalam melakukan proses penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu. 

Pengertian Logistik

adalah serangkaian proses yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan baik barang/jasa, energi ataupun sumber daya yang lain dari tempat awal menuju tempat tujuan. Logistik juga merupakan seni mengirim barang secara modern, yang mana terdapat tahapan serta fungsi yang berguna untuk mencapai tujuan tertentu. 

Secara umum atau definisi logistik adalah sebuah ilmu yang mencakup beberapa hal seperti penyimpanan, pemeliharaan, penyaluran dan juga penghapusan pada laat dan barang tertentu. Selain itu juga terdapat juga penghapusan barang atau jasa yang sudah tidak layak guna. Secara umum logistik ini memiliki tujuan untuk membuat pengiriman barang menjadi lebih efektif.

Bisnis E-Commerce di Indonesia semakin berkembang, seiring dengan berkembangnya dunia teknologi. Apalagi di kala pandemi menyerang seluruh dunia, semua orang tidak bisa beraktivitas di luar rumah. Sehingga semua kegiatan belanja dilakukan melalui online atau e-commerce. Hal inilah yang mendorong semakin pesatnya perkembangan bisnis perusahaan logistik di Indonesia.

Di Indonesia, saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kemudian berlanjut menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat orang enggan untuk pergi keluar rumah. Di sinilah industri perusahaan logistik dan e-commerce saling bahu membahu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Namun semakin berkembangnya bisnis logistik dan e-commerce ini juga tetap dibutuhkan solusi yang lebih baik lagi. Termasuk hal-hal terkait dengan pengiriman, di mana pihak perusahaan logistik bisa memastikan dengan baik pengiriman barang customer dengan tepat waktu.

Pada dasarnya bisnis e-commerce memang melakukan sourcing dan delivery dengan tujuan mendapatkan barang-barang dari supplier sehingga bisa diperdagangkan kembali secara online. Sedangkan faktor pengiriman juga sangat penting di dalam bisnis e-commerce, terlebih bagi partner perusahaan logistik untuk memastikan pengiriman barang dengan tepat waktu. 

Kendala yang dialami oleh konsumen dengan e-commerce dan juga logistiknya adalah ketepatan waktu dan barang yang dikirim tidak sampai ke alamat konsumen. Nah, seperti yang kamu ketahui bahwa pengiriman dan transportasi memang sangat penting sekali dalam bisnis e-commerce tersebut. Mengapa demikian? karena memang pada umumnya kegiatan dari perusahaan logistik e-commerce ini mencakup beberapa hal seperti processing, transportasi dan delivery. Jika salah satunya mengalami kendala tentu hal ini tidak akan berjalan dengan baik.

Oleh sebab itu, bisnis e-commerce ini membutuhkan partner perusahaan logistik sehingga semua kegiatan dari bisnis tersebut bisa berjalan lancar. Biasanya yang sering sekali terjadi yaitu pada saat proses transportasi dan delivery. Di mana barang yang dikirimkan dari suatu daerah ke daerah lainnya sering mengalami keterlambatan dan tidak sesuai waktu yang dijanjikan. 

Terkadang ada juga pihak perusahaan logistik melakukan pengantaran barang yang tidak sesuai alamat konsumen. Oleh karena itu, jika perusahan e-commerce menerapkan solusi logistik dengan baik maka semua permasalahan akan terselesaikan dengan baik pula.

Tujuan adanya perusahaan Logistik

yaitu mendapatkan barang, waktu, jumlah, kondisi yang tepat dengan biaya yang terjangkau tetapi tetap memberikan profit bagi perusahaan logistik. Kegiatan logistik sendiri bertujuan untuk penyediaan suatu barang yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat. Perusahaan harus melakukan serangkaian kegiatan seperti proses pengadaan barang (procurement); kegiatan produksi (manufacturing support) dan distribusi (physical distribution). Selain itu Tujuan logistik dapat terbagi menjadi 3 Tujuan yaitu. 

1. Tujuan Operasional 

Tujuan operasional merupakan tujuan pertama dari berlakunya logistik yang mana persediaan barang harus cukup untuk kebutuhan beberapa hari kedepan. Setiap logistik memiliki stock yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga barang tak mengalami kekurangan atau kelebihan. 

Oleh karena itu banyak sekali distributor produk yang melakukan logistik, terutama untuk daerah dengan jangkauan yang jauh. Hal ini untuk menghindari tidak tersedianya barang di lokasi. 

2. Tujuan keuangan

Selain itu ada pula yang namanya tujuan keuangan. Pastinya setiap produsen ingin mencapai keuntungan yang maksimal dan kerugian seminimal mungkin. Perusahaan Logistik umumnya menyediakan pengiriman yang lebih terjangkau daripada jenis lainnya. Apalagi memiliki sistem perawatan sehingga barang bisa sampai dengan tingkat kerusakan yang sangat rendah.

3. Tujuan Keamanan

Keamanan barang menjadi prioritas setiap pengiriman produk maupun barang, pada dasarnya saat era modern ini logistik telah memiliki standar keamanan masing-masing. Baik dari pengemasan, penyimpanan, hingga pengiriman sangat diperhatikan. Agar tak terjadi kerusakan pada barang tersebut. 

Terlebih lagi perusahaan logistik mempunyai tempat penyimpanan yang aman dan tertata secara rapi, hal ini bisa membuat barang terhindar dari hal yang tak diinginkan. Alat transportasi juga tak luput dari perhatian. Setidaknya alat transportasi yang berguna wajib memenuhi standar dari perusahaan logistik tersebut.

 

Sektor logistik ini ternyata juga menjadi salah satu unit bisnis dari SDS Express yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun. SDS Express yang hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan layanan yang berbeda-beda.

SDS Express menyediakan solusi layanan logistik mencakup layanan logistik berdasarkan kontrak, layanan pengiriman barang, pengelolaan pergudangan dan freight forwarding melalui jalur transportasi darat, laut dan udara secara menyeluruh. 

Tak hanya itu, tapi SDS Express juga memiliki layanan pengiriman dokumen dan paket. Saat ini SDS Express melayani segmen industri yang luas, SDS Express adalah salah satu perusahaan terdepan dalam industri jasa pengiriman  logistik dan juga pergudangan bertarif kompetitif dan kualitas terbaik, serta pendukung e-commerce . Wahana telah melayani negeri lebih dari 15 tahun dan siap untuk tumbuh dinamis di era industri 4.0, dengan layanan yang hemat, cepat dan bersahabat

SDS Express memastikan pengiriman paket dan dokumen secara cepat ke hampir semua tempat dari Sabang sampai Merauke, dengan berbagai layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 

Cek harga atau Kirim dengan SDS →